sasaran promosi pada perpustakaan

Latar Belakang Masalah
Perpustakaan sebagai salah satu lembaga / institusi merupakan salah satu wahana information resourch; knowledge resourch yang keberadaannya di harapkan mampu membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahwa semua kegiatan yang dilakukan selalu mengandung unsur / nilai pembelajaran, pengembangan iptek bud maupun penunjang penelitian. Sebagai based of learning keberadaannya senantiasa di harapkan untuk dapat memenuhi harapan pemustaka dalam memperoleh informasi atau data yang dibutuhkan. Ketersediaan informasi semakin dituntut sejalan dengan keinginan masyarakat yang membutuhkannya. Kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat, akurat, tepat, mudah, murah dan spesifik inilah yang harus disikapi oleh para pustakawan maupun pengelola perpustakaan.
Secara umum citra perpustakaan masih sangat rendah. Salah satu contoh adalah di dunia pergurun tinggi ada slogan yang menyatakan bahwa perpustakaan adalah jantung Universitas semua insan akademisi dilingkungan Universitas menyatakan hal tersebut. Dari semua kalangan, menganggap perpustakaan itu hanya sebuah gedung dan sarana yang tidak teratur. Tempat penyimpanan buku-buku yang jarang difugsikan oleh masyarakat. Dari itu, sebagai pustakawan yang bekerja di perpustakaan mana saja harus membangun kembali nama atau citra perpustakaan itu sendiri. Agar masyarakat tidak salah dalam menafsirkan tentang perpustakaan dalam asumsi-asumsi mereka.
Untuk mengembalikan Citra perpustakaan yang baik tidaklah cukup sekedar membangun perpustakaanya saja.melainkan, harus melakukan tindakan berupa kebijakan dalam menangai masalah pegembangan perpustakaan itu menuju tempat yang baik. Salah satunya dengan mempromosikan perpustakaan itu dari awal sehingga masyarakat mempunyai rasa innginn tahu terhadap perpustakaan. Menurut Philip Kotler “ Promosi meliputi semua alat-alat dalam kombinasi pemasaran adalah untuk mengadakan komunikasi yang sifat membujuk.
Disini penulis menguraikan bagaimana Promosi itu dijalankan, dan kepada siapa sasaran yang tepat di promosikan. Banyak hal yang perlu ditinjau, promosi tidak hanya kepada masyarakat umum, tetapi, promosi juga diperunntukkan bagi kalangan cacat. Dalam hal ini, bagaimana pustakawan dapat mempromosikan pustaka kepada pecandang cacat? Persiapan apa yang harus dilakukan pustakawan dalam mempromosikan bagi kalangan Primitif? Dari pertanyaan diatas, penulis akan membahas permaslahan ini.
A. Pegertian Promosi
Promosi secara umum adalah bersangkutan dengan metode komunikasi yang ditujukan kepada pasar yang menjadi target tentang produk yang tepat yang dijual pada tempat yang tepat dengan harga yang tepat.
pengertian promosi yang dikemukakan oleh philip Kotler adalah sebagai berikut :
"Promotion encompasses all the tools in the marketing mix whose mayor is persuasivecommunication".
Promosi meliputi semua alat-slat dalam kombinasi pemasaran yang peranan utamanya adalah untuk mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk promosi merupakan suatu proses komunikasi dari penyampaian amanat atau berita tentang produk/barang atau jasa dari penjual kepada para pembeli potensial (konsumen).1.
Promosi juga sangat berkaitan dengan sistem pemasaran.
Pemasaran dalam perpustakaan adalah kegiatan analisis perencanaan pelaksaaan dan pengendalian program-program yang telah dirancang secara cermat yang dibuat untuk menciptakan tukar menukar suatu secara sukarela untuk mencapai sasaran sesuai dengan tujuan Organisasi.

B. Tujuan Promosi Perpustakaan
Ada beberapa tujuan promosi perpustakaan diantaranya adalah
 Memperkenalkan fungsi perpustakaan kepada masyarakat pemakai
 Meningkatkan minat baca dan mendorrong masyarakat agar menggunakan koleksi perpustakaan semaksimal mungkin
 Memperkenalakan pelayan dan jasa perpustakaan dan masyarakat
 Memberikan kesadaran kepada masyarakat akan adanya perpustakaan.
C. Sasaran Promosi bagi Orang Cacat
 Di perpustakaan umum
Sasaran atau cara promosi bagi orang cacat yaitu dengan cara menyediakan teknis khusus seperti mengajari pustakawan dalam menyampaikan komunikasi bagi penyandang cacat. Menyebarkan brosur yang dapat dibaca oleh penyandang cacat. Dan membuat iklan di media Televisi maupun di Radio lokal agar promosi dapat dilakukan degan tepat sasaran
 Kebijakan untuk orang-orang cacat
o Menyediakan koleksi yang dapat digunakan oleh penyandang cacat baik koleksi itu berupa buku, sejenis alal-alat dan lainnya.
o Menyediakan Fasilitas yang dapat digunakan oleh penyandang cacat
o Melatih pustakawan agar dapat berkomunikasi dengan orag cacat tersebut
o Pustakawan harus mampu memberikan layanan Prima kepada penyandang cacat.

D. Cara Promosi Bagi Orang Primitif
Primitif adalah orang yang tinggal dengan kebudayaan yang berbeda dan jauh dari tempat-tempat orang yang berdomisili di kota.
Biasnya orang Primitif masih kurang berkembang terutama dibidang pendidikan. Jadi langkah-langkah yang harus ditempuh dalam melakukan promosi perpustakaan adalah
 Menjelaskan dulu tentang dunia perpustakaan
 Jika mereka sudah mengerti dengan dunia tulis menulis..maka yang perlu dilakukan adalah memasang iklan ditempat mereka,atau brosur,pamflet dan sebagainya.
E. Unsur-Unsur Promosi Perpustakaan
 Attention (perhatian)
Dalam melakukan promosi perpustakaan, pustakawan harus mampu membuat perhatian para pengguna. Biasa contoh perhatian user jika pustakawan mempromosikan dengan membagikan brosur, selebaran, atau iklan-iklan yang di desain semenarik mungkin.
 Attention (perhatian)
Dalam istilah pemasaran,ketertarikan konsumen lebih diutamakan, begitu juga dengan perpustakaann. Dimana tujuan promosi itu sendiri adalah untuk memperkenalkan suatu produk kepada user, jadi produk tersebut harus bagus dan bermutu. Ada enam daya tarik dikuasai oleh pustakawan
o Daya tarik sosial
o Daya tarik prestise
o Daya tarik pertahanan hidup
o Daya tarik kesenangan
o Daya tarik ego maniak
o Daya tarik yang menakuti
 Desire (keinginan)
Adanya keinginan dalam mempromosikan pustaka,dan ada tanggapan dari user untuk mengetahui lebih lanjut tentang sebuah peppustakaan tersebut
 Action (tindakan)
Tindakan berarti adanya daya tarik user dan lagsung mengujungi perpustakaan tersebut, karena pustakawan sudah memenuhi unsur daya tarik pengguna, sehingga rasa ingi tahu dari pengguna sudah terpenuhi.
 Satisfy ( kepuasan)
Setelah melakukan pemasaran konsumen puas terhadap informasi yang di berikan oleh pustakawan. Dan pustakawan juga tidak merasa dirugikan.
F. Sasaran Promosi dan Perpustakaan
Sasaran Promosi perpustakaan berbeda untuk setiap jenis perpustakaan misalnya
o Perpustakaan Nasional
Sasaran Promosinya mencakup rakyat luas
o Perpustakaan Khusu
Sasaran promosi yang dilakukan masyarakat yang dilayani secara khusus, biasanya hanya orang-orang yang berada di dalam instansi tersebut
o Perpustakaan Perguruan Tinggi
Sasaran promosinya adalah mahsiswa, pegajar dan peneliti di perrguruan tinnggi tersebut
o Perpustakaan Sekolah
Sasarannya untuk siswa-siswi yang ada di sekolah tersebut
o Perpustakaan Umum
Sasaran promosinya yaitu tepat pada masyarakat yang berdomisili di daerah tersebut. Namun, secara umum dapat dijangkau.
G. Kendala dalam Melakukan Promosi Perpustakaan
 Fakor Internal
o Pengetahuan pustakawan tentang ilmu dan teknik pemasaran masih lemah
o Pandangan tradisional bahwa perpustakaan hanyalah sebuah gedung buku
o Gedung/fasilitas perpustakaan tidak memadai
o Lemahnya apresiasi pustakawan terhadap pegguna perpustakaan
 Faktor Eksternal
o Kurangnya dukungan dari pimpinan
o Pengguna perpustakaan hanya bersifat sementar
o Lemahnya manajemen organisi
o Budaya baca masyarakat dengan memamfaatkan perpustakaan sangat lemah
o Staf pengajar jarang memberi tugas kepada siswa yang dapat memaksa mereka untuk meggunakan perpustakaan.


KESIMPULAN
1. Promosi meliputi semua alat-slat dalam kombinasi pemasaran yang peranan utamanya adalah untuk mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk promosi merupakan suatu proses komunikasi dari penyampaian amanat atau berita tentang produk/barang atau jasa dari penjual kepada para pembeli potensial (konsumen).
2. Tujuan Promosi Perpustakaan
Ada beberapa tujuan promosi perpustakaan diantaranya adalah
 Memperkenalkan fungsi perpustakaan kepada masyarakat pemakai
 Meningkatkan minat baca dan mendorrong masyarakat agar menggunakan koleksi perpustakaan semaksimal mungkin
 Memperkenalakan pelayan dan jasa perpustakaan dan masyarakat
 Memberikan kesadaran kepada masyarakat akan adanya perpustakaan.
3. Unsur-Unsur Promosi
 Attention (perhatian)
 Attention (perhatian)
 Desire (keinginan)
 Satisfy ( kepuasan)
 Satisfy ( kepuasan)



DAFTAR PUSTAKA
http://yuni_yuven.blog.undip.ac.id/tag/promosi-perpustakaan/
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/promosi-pengertian-dan-tujuannya.htm
Badollahi Mustafa.Promosi Jasa Perpustakaan.Jakarta,1996

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar